Cetak
PDF
19
Des14

ANAK HARUS DILINDUNGI DARI BAHAYA NARKOBA

Ditulis oleh Admin pada Jumat, 19 Desember 2014 12:57 WIB. Dibaca: 3712 kali

Hidup dan kehidupan merupakan anugerah dan karunia Tuhan YME.karenanya hidup dan kehidupan sangat berharga dan harus disyukuri, dipelihara dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik bagi diri pribadi, keluarga maupun masyarakat. Tuhan mengaruniai anak untuk dipelihara dan dibesarkan  bukan untuk disia-siakan.

Dalam kenyataan hidup sehari-hari di tengah masyarakat, anak kurang memperoleh haknya, salah satu contoh di setiap bus atau stasiun kereta api, tidak sedikit jumlah anak usia sekolah bergelantungan naik turun kendaraan umum untuk ngamen atau menjajakan rokok,permen, dan sebagainya. Mereka sering kali diperalat oleh para Bandar narkoba untuk dijadikankurir atau pengedar narkoba kecil-kecilan akibat diancam.

Sungguh memprihatinkan anak-anak yang seharusnya mendapatkan jaminan dari orang tua untuk mempersiapkan masa depannya justru harus mengadu nasib demi sesuap nasi atau malah menjadikekuatan kecil bagi kehidupan keluarganya.

Tidak ada orangtua manapun yang rela anaknya terlibat obat-obatan terlarang, sebab dengan membiarkan anak terjerumus narkoba berarti merestui penghancuran kehidupan serta masa depan anak. Hal ini tidak boleh terjadi, di dunia ini tidak ada satu idividu , keluarga maupun masyarakat yang aman jika dikendalikan oleh narkoba.

Dalam kasus narkoba anak-anak dapat dikatakan sangat rentan, beberapa penyebab kasus narkoba diantaranya karena ada goncangan ekonomi sehingga orang tua jadi sering berkelahi, anak jadi tidak terurus, ada kekerasan pada anak dan bisa menjadikan anak tumbuh mendendam atau penakuttergantung kekuatan dan respon mental yang dimiliki.

Untuk itu di dalam keluarga orang tua harus memberikan ekstra waspada dan ketat dalam mengawasi anaknya.Disamping itu orang tua juga harus tahu bahaya serta jenis narkoba, karena apabila pengetahuan orangtua sangat sederhana tentang narkoba, bagaimana orangtua harus mengawasinya.

Bagaimanapun juga dalam kasus narkoba sebaiknya bijaksana, anak harus didudukkan sebagai korban, meski secara sah terbukti telah menjadi konsumen, pengedar atau kurir, mereka tetap harus direhabilitasi bukan dipidanakan karena mereka adalah korban. Tugas negara adalah untuk menjauhkan narkoba dari masyarakat, apalagi jika mengacu pada Undang-Undang Perlindungan Anak Pasal 59, bahwa “ Negara, pemerintah, masyarakat, orangtua wajib melindungi anak-anak dari zat adiktif”. (wln)

Indeks Artikel

NARKOBA DAN BONUS DEMOGRAFI

Minggu, 1 Januari 2017

Bonus demografi adalah suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pemba... Baca

PENGERTIAN TENTANG SHABU ATAU METAMFETAMIN

Kamis, 16 Juni 2016

Amfetamin ditemukan pada akhir 1900-an, namun  baru dipasarkan pada 1930-an, waktu Benzedrin     dik... Baca

HEROISME UNTUK HUMANISME

Selasa, 7 Juni 2016

Pondasi bangsa ini bisa kokoh tidak lepas dari peran penting para pahlawan yang telah mengor... Baca

PERAN ORANG TUA DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Selasa, 7 Juni 2016

Bagaimanakah peran dan tanggung jawab orang tua dalam mengatasi masalah penyalahgunaan narkoba ? Ke... Baca

ANCAMAN NARKOTIKA GOLONGAN III DISEKITAR KITA

Selasa, 7 April 2015

Artikel ini menjadi penting untuk penulis ulas di tengah-tengah publik dengan mempertimbangkan bah... Baca